Menu

Pelajar Wajib Tanam Cabai di Sekolah dan Rumah

Purwakarta – Melambungnya harga cabai di pasaran tak lepas dari kurangnya pasokan dan jalur distribusi yang panjang. Untuk itu, mulai hari ini Pemkab Purwakarta mewajibkan seluruh pelajar menanam cabai di sekolah dan rumah.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mengatakan saat ini yang selalu menjadi problem di Indonesia adalah mahalnya harga cabai di pasaran. Padahal cabai sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat sebagai salah satu bumbu yang digunakan dalam masakan.

“Tapi problemnya, anak-anak dan masyarakat sekarang lupa akan hal itu (menanam cabai). Mereka selalu sibuk dengan gadget. Padahal punya halaman, bahkan tanah yang luas-luas,” ujar Dedi saat memelopori gerakan tanam cabai di SDN 1 Ciwangi, Kecamatan Bungursari, Purwakarta, Selasa (10/1/2017).

Gerakan tanam cabai tersebut nantinya akan terintegrasi dengan pola pendidikan berkarakter berbudaya aplikatif yang sudah berjalan sejak dulu di Kabupaten Purwakarta. Selain belajar mengenai cara menanam, pelajar nantinya akan diberi pengarahan mengenai perawatan, panen, hingga penjualan.

Selama ini, sekolah-sekolah di Purwakarta sudah memulai gerakan menanam. Namun jenis tanaman yang ditanam bervariatif, dari padi, sayuran, hingga buah. Cabai nantinya akan menjadi tanaman yang wajib bagi pelajar.

Dedi pun meminta para penyuluh pertanian turun tangan membantu program menanam cabai tersebut agar pelajar bisa memahami seluk-beluk tanaman tersebut. Tujuannya agar saat panen, cabai yang terkumpul akan berlimpah dan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi, khususnya di Purwakarta.

“Sekarang ini kurang-lebih ada 20 ribu pelajar dan guru yang menanam cabai secara serentak. Misalnya satu bibit cabai bisa panen 1 ons, bayangkan berapa banyak nanti hasil panen kita,” tuturnya.

Nantinya program menanam cabai tersebut akan berkembang sesuai dengan jenjang pendidikan, seperti program menanam pohon yang sudah ada. “Jadi kalau kelas lima, ya tanam bibit cabainya di sekolah sebanyak lima bibit dan di rumah lima. Terus nanti sampai kelas sembilan, berarti punya sembilan bibit di sekolah dan sembilan di rumah,” beber Dedi.

Pantauan detikcom di SDN 1 Ciwangi, sejak pagi para pelajar sudah membawa bibit cabai dari rumah. Saat gerakan tanam cabai tersebut dimulai, tiap pelajar menanam bibit yang dibawanya di sekitar halaman dan pot-pot yang berada di sekitar sekolah.

 

 Pelajar Wajib Tanam Cabai di Sekolah dan Rumah

 Pelajar Wajib Tanam Cabai di Sekolah dan Rumah

Leave a reply

Your email address will not be published.