Menu

500 Restoran di Purwakarta Dipasang Banner ‘Silakan Makan’, Apa Artinya?

1  Purwakarta РPemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta tidak melarang bagi masyarakat makan siang di bulan Ramadan. Bahkan dipersilakan. Apa maksudnya?

Banner itu merupakan kampanye Ramadhan Toleran. Maksudnya, baik orang yang berpuasa dan tidak berpuasa diharapkan saling menghormati.

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi menjelaskan, dalam banner yang dibagikan kepada sekira 500 rumah makan di dalam dan rest area yang masuk dalam wilayah Kabupaten Purwakarta itu berisi sembilan poin perihal siapa saja yang boleh makan saat siang atau sebelum jam buka puasa.

 

 

 

3

Sembilan poin tersebut adalah non muslim, dalam keadaan sakit, dalam keadaan hamil, sedang menyusui, sedang datang bulan, anak-anak, dalam keadaan uzur, dalam perjalanan jauh, dan terakhir dalam keadaan sakit ingatan alias gila.

“Kalau memenuhi poin-poin itu silakan makan. Khusus bagi yang poin terakhir atau hilang ingatan kita siapkan spesial ambulans Semar dan dokter. Karena mengobati orang sakit jiwa juga kewajiban pemerintah,” jelas Dedi saat sosialisasi di RM Pareang H Dadang, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Selasa (7/6/2016).

Menurut Dedi, pembuatan banner tersebut bertujuan untuk memberikan ruang bagi mereka yang tidak berpuasa karena disebabkan kesembilan poin tersebut. “Kasihan kan mereka yang sedang berpergian atau sakit kalau mau makan. Apalagi kalau dia makan karena faktor yang kesembilan, berarti dia gila dan setelah makan akan kita obati,” seloroh bapak dua anak ini.

 

2

 

Disinggung soal jam operasional rumah makan selama Ramadan, Dedi mengatakan, hal tersebut tidak ada batasan alias bebas. Namun bagi masyarakat yang akan makan di tempat tersebut tetap harus mematuhi kesembilan poin yang tertera dalam banner Ramadhan Toleran.

“Sekarang pertanyaannya begini. Mau gak tidak termasuk dalam poin-poin itu tetap makan sebelum buka. Kalau tetap makan berarti dikategorikan poin kesembilan alias orang gila dan itu akan kita obati,” pungkas Dedi.
(try/try)

Leave a reply

Your email address will not be published.